Kesehatan

Siap-Siap, Vaksinasi Covid-19 Segera Didistribusikan

Bupati Dairi sedang mengikuti rakor tahap I pelaksanaan distribusi vaksin covid-19 bersama Gubsu bersama Bupati/Walikota se-Sumut. Foto (BS)

Dairibaru.com, Sidikalang – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengikuti rapat koordinasi tahap I pelaksanaan pendistribusian vaksinasi covid-19 secara virtual bersama bupati/walikota se-Sumut dengan Gubsu, di ruang rapat Bupati Dairi, Kamis (7/1).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Gubsu Edy Rahmayadi dan diikuti seluruh Bupati/Walikota se-Sumut.

Terkait proses vaksinasi tahap I di Sumut, Gubsu mengimbau seluruh kepala daerah ikut memantau proses vaksinasi secara langsung. Selain itu, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, kepala daerah, tokoh masyarakat dan tokoh agama (yang memenuhi syarat kesehatan) agar menjadi “pioner” dalam vaksinasi.

“Kepala daerah harus terjun langsung ke lapangan dan cek kesiapan fasilitas kesehatan yang ditunjuk, baik dari segi jumlah, cold Storage, cold chain dan tenaga vaksinator serta pendukung lainnya. Selain itu, hal ini juga harus di sosialisasikan kepada masyarakat bahwa vaksin ini telah melalui proses sesuai dengan ketentuan yang ada,” sebutnya.

Lebih lanjut, Edy Rahmayadi menyampaikan vaksinasi akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap I, vaksinasi dilakukan untuk tenaga kesehatan yang tersebar di 34 provinsi dan petugas publik serta lansia sedangkan untuk tahap II akan dilakukan vaksinasi terhadap masyarakat di daerah dengan resiko penularan tinggi dan masyarakat lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Setelah rapat virtual, Eddy Berutu langsung memimpin rapat tindak lanjut.

Dalam rapat tersebut, bupati menekankan untuk perketat protokol kesehatan di perkantoran dan kegiatan masyarakat dengan tujuan agar menekan laju terkonfirmasi positif sehingga Dairi bisa masuk zonasi resiko rendah.

Eddy juga mengintruksikan agar dilakukan persiapan sarana dan prasarana pendukung vaksinasi dan tidak ada upaya untuk menghambat investasi melainkan memberikan pelayanan yang baik.

“Kunci pemulihan ekonomi adalah investasi maka jangan ada upaya yang menghambat investasi justru sebaliknya berikan pelayanan yang baik,” tegas Eddy. (BS)

To Top