Dairi

Dinsos Dairi Gelar Pembinaan Karang Taruna Se-Kabupaten Dairi

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dairi menyerahkan bantuan perangkat olahraga kepada Karang Taruna. Foto (Humas)

Dairibaru.com, Sidikalang – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Dairi menggelar pembinaan kepada Karang Taruna Se-Kabupaten Dairi di Aula Dinsos, Rabu (16/12/2020).

Parulian Sihombing Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dairi menyampaikan sebagai organisasi sosial kepemudaan yang bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi kualitas kinerja sehingga dapat berperan aktif dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial di tengah masyarakat, maka dilakukan pembinaan se-kabupaten Dairi.

Parulian menambahkan karang taruna yang tumbuh dari oleh dan untuk generasi muda memiliki peran yang sangat penting, yakni sebagai wadah pembinaan generasi muda. Karang Taruna sebagai pilar partisipasi masyarakat merupakan mitra kerja Dinsos yang nantinya diharapkan tidak hanya sekadar sebagai wadah pembinaan generasi muda, tetapi sebagai pelaku pelaksana pembangunan usaha kesejahteraan sosial yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitarnya.

Parulian juga menerangkan, upaya peningkatan peran serta karang taruna dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial, sebagai peran dan fungsi telah mulai memudar di kehidupan sosial masyarakat.

“Oleh karena itu sebagai mitra pemerintah dalam hal ini karang taruna maka perlu dilaksanakan semacam bimbingan dan pembinaan bagi karang taruna hingga ke dusun,” ujar Parulian.

Senada dengannya, Jetun Tampubolon Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi mengajak semua karang taruna yang ada di Kabupaten Dairi supaya peka pada situasi sosial yang terjadi di masyarakat.

“Karang taruna tidak punya arti apapun bila tidak memiliki rasa peduli dengan kehidupan sosial masyarakat, karenanya mari kita berperan aktif melakukan misi kemanusiaan di sekitar kita, membantu pemerintah mendata warga yang mengalami konflik sosial, misalnya kejadian KDRT, membantu lansia dan disabilitas untuk mendapatkan bansos dari pemerintah, semua kepedulian kita, akan membawa manfaat yang memanusiakan manusia,” sebutnya bersemangat.

Jetun juga menerangkan bahwa karang taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia dan juga merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar.

Karang taruna, bersama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya, lanjutnya, bertugas menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungan masing-masing.

“Betul, baru empat bulan saya menjadi Ketua Karang Taruna Dairi, karenanya mari kita bersama sama mendukung kegiatan pemerintah dan jadi corong di dalam membantu masyarakat yang perlu dibantu, berkoordinasilah dengan Lurah atau kepala desa demi kesejahteraan masyarakat yang memang layak dan patut dibantu,” tegas Jetun.

Dalam sesi tanya jawab, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Dairi David Silitonga menyampaikan kalau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sepatutnya memang harus dilaporkan ke pemerintah dan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK).

Pembinaan Karang Taruna Kecamatan Se-Kabupaten Dairi diakhiri dengan pemberian bantuan dari Dinsos kepada Karang Taruna berupa perlengkapan olahraga yang bertujuan menyemangati Karang Taruna dalam bersinergi dengan pemerintah. (B-S)

To Top