Sumut

Dairi Raih Response Tertinggi se-Sumut dalam SP20

Bupati Dairi (baju putih) berfoto bersama jajaran BPS usai menyampaikan pengalaman dalam SP20, Senin (7/12/2020). Foto (Humas Pemkab Dairi)

Dairibaru.com, Sidikalang – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu diundang oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara sebagai Keynote Speaker pada acara Rapat Evalusi Kegiatan Sensus Penduduk 2020 (SP20) dan Data Sosial lainnya Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara di Mikie Holiday Resort Tanah Karo, Senin (7/12).

Bupati Dairi, atas nama pemerintah kabupaten Dairi dalam paparannya menyampaikan terimakasih karena sudah diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dan menceritakan bagaimana Kabupaten Dairi bisa sukses dalam SP20 dan berhasil meraih capaian persentase tertinggi di Provinsi Sumatera Utara dengan respon dan minat jumlah penduduk mencapai 48,60 persen.

Eddy mengatakan berkat respon yang baik dari seluruh masyarakat Dairi dan pihak yang terkait, Kabupaten Dairi diberi kesempatan untuk menjadi Keynote Speaker dan menceritakan bagaimana Kabupaten Dairi bisa sukses dalam SP20. Kita semua berharap hal ini menjadi dorongan dan motivasi bagi kita untuk berperan aktif mendukung pemerintahan NKRI.

Selanjutnya, Eddy juga memaparkan sesuai dengan adanya Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, bupati Dairi merasa sudah ‘tune in’ dengan BPS dalam hal pengelolaan data, sehingga kata mahal menjadi tidak relevan lagi.

Diakuinya, pengalaman ketidakkonsistenan data di awal masa jabatan menjadi pembelajaran. Excercise apapun yang dilakukan dengan anggaran yang ada tidak bisa menjadi daya ungkit untuk mengatasi persoalan di masyarakat, jika data yang digunakan tidak tepat.

”Data itu mahal, tapi membangun tanpa data jauh lebih mahal. Pemerintah bergemilang data, namun tersebar di berbagai instansi, sangat penting untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya data. Kami berharap BPS bisa hadir sebagai pembina statistik sektoral. Kalau bisa kami ingin menyerahkan pengelolaan data kepada BPS, sehingga BPS dapat memberikan guidance, tools dan knowledge bagi pemerintah daerah (pemda) sehingga pemda dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan pemerintahan dengan baik,” paparnya.

Lebih lanjut, Eddy juga menyampaikan berbagai perencanaan pemkab Dairi untuk mempromosikan Dairi di kancah dunia. Disebutkannya kebutuhan akan data yang akurat sangat dibutuhkan oleh pemda, sehingga penghitungan yang dilakukan oleh investor lebih valid.

”Kami sudah melakukan perencanaan mempromosikan Kabupaten Dairi di kancah dunia karena banyak Potensi Dairi belum dieksplorasi secara optimal, Dairi memiliki pertanian yang bagus, lahan dengan elevasi yang bagus, didukung oleh populasi yang besar dan budaya pekerja keras. Semestinya sektor pertanian dan pariwisata bisa lebih di optimalkan lagi,” bebernya.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara Dr. Syech Suhaimi menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran pemkab Dairi atas capaiannya selama pelaksanaan Sensus Penduduk Online dimana merupakan capaian persentase tertinggi di Provinsi Sumatera Utara. (B-S)

To Top