Olahraga

Percasi Dairi Gelar Pertandingan Catur Antar Jurnalis

Ketua Percasi Dairi berfoto bersama peserta jurnalis yang ikut bertanding. Foto (BS)

Dairibaru.com, Sidikalang – Setelah melewati 5 tahapan pertandingan, akhirnya Lamin Silalahi berhasil menjadi juara 1 pada pertandingan catur antar jurnalis di Kabupaten Dairi yang dilaksanakan di Gedung Balai Budaya Sidikalang, Jumat (27/11/2020).

Lamin mendapatkan hadiah berupa uang sejumlah Rp 3 juta, dikuti Kristo Situmorang sebagai juara dua dengan hadiah Rp 2 juta serta juara ketiga diraih Pendi Sihombing dengan hadiah sebesar Rp 1 juta.

Kegiatan pertandingan catur ini diselenggarakan Percasi Dairi yang diketuai Nasib Marudur Sihombing dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang ke-75. Pertandingan ini dibuka Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Mangaranap Manik.

Ketua Panitia Yehuda Samosir mengatakan peserta pertandingan adalah wartawan yang bertugas di Kabupaten Dairi.

“Pertandingan melibatkan 20 orang wartawan dari media online, cetak dan TV dengan total hadiah Rp 8,5 juta,” sebutnya dalam laporannya.

Ia menambahkan pertandingan ini digelar untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah memperjuangkan Indonesia merdeka, sekaligus menumbuhkembangkan olahraga catur bagi generasi muda, melalui pertandingan catur antar wartawan.

Sementara itu, Ketua Percasi Dairi Nasib Marudur Sihombing mengungkapkan sangat mengapresiasi pertandingan catur antar sesama wartawan yang bertugas di wilayah Dairi.

“Salut. Selain berperan sebagai kontrol sosial, juga handal memainkan olahraga catur dan juga memiliki soliditas. Bukan mencari yang terbaik, tetapi bagaimana lewat pertandingan ini, dapat menumbuhkan edukasi positif bagi masyarakat terkhusus generasi muda,” kata Nasib yang juga Ketua Fraksi Nasdem DPRD Dairi itu.

Nasib lebih jauh menjelaskan, ke depan Percasi Dairi sudah memprogramkan pencarian bakat muda lewat kelompok umur untuk melahirkan generasi muda handal dan disiapkan mengikuti even tingkat provinsi maupun nasional. (B/S)

To Top