Pendidikan

38 Sekolah di Dairi Terapkan Kelas Pintar

Bupati Dairi berfoto bersama Kadis Pendidikan Dairi serta para guru usai launching Kelas Pintar, Jumat (19/10/2020). Foto (BS)

Dairibaru.com, Sidikalang – Penerapan Kelas Pintar di 38 sekolah dilaksanakan Dinas Pendidikan di 15 kecamatan yang ada di kabupaten Dairi.

Pelaksanaan launching penerapan Kelas Pintar ini langsung dihadiri Bupati Dairi DR Eddy Berutu dan Kepala Dinas Pendidikan Drs JW Purba yang dilaksanakan di SDN 030284 Sidikalang, Jumat, (16/10/2020).

Bupati Dairi Eddy Berutu dalam arahannya mengatakan Kelas Pintar menawarkan solusi belajar digital yang dapat diakses oleh para siswa, guru dan orang tua selama proses belajar mengajar menggunakan sistem terintegrasi guna memantau dan mendukung perkembangan belajar siswa.

Lanjut Bupati, salah satu perwujudan Dairi Cerdas dilaksanakan melalui pembentukan dan pelaksanaan Kelas Pintar. Untuk mewujudkan Dairi Unggul diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang unggul juga, dan SDM yang unggul akan terwujud apabila anak anak cerdas, memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa meneruskan pendidikan lebih lanjut.

“Ke depan anak anak Dairi dapat bersaing dengan anak-anak di seluruh Indonesia maupun di luar negeri,” papar Eddy.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan JW Purba menerangkan bahwa penerapan Kelas Pintar ini merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai penjabaran dari visi, misi program Bupati dan Wakil Bupati menuju Dairi Unggul melalui program Dairi Cerdas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan anak didik kita meraih pendidikan di SMA unggulan di Sumatera Utara juga secara nasional termasuk sekolah-sekolah taruna,” terang JW.

“Program ini akan menyasar 38 sekolah di 15 kecamatan di Kabupaten Dairi, kecuali SMP Katolik Sidikalang, mereka melakukan secara sendiri dan terpisah.

“Kegiatan ini dilakukan di 38 sekolah dan akan lanjut sampai Desember mendatang, dengan dibimbing 15 orang tutor dan senin mendatang kegiatan ini akan segera berjalan mulai pukul 14.00 WIB-17.00 WIB, terkecuali untuk kesempatan dan keolahragaan fisik yang diserahkan pada sekolah masing-masing dan yang utama jaringan internet yang lancar, sangat mendukung penerapan Kelas Pintar ini,” tambahnya lagi.

Ia juga menambahkan bantuan dari Telkomsel sangat diharapkan mengingat keterbatasan jaringan internet menjadi kendala utama di lapangan, seperti Alur Subur dan Pasir Tengah

Selanjutnya, sambung Kadis, penerapan Kelas Pintar ini akan kita evaluasi di bulan April 2021 mendatang.

“Kita lihat dari angka peningkatan anak didik kita yang lulus di sekolah unggulan. Dan bukan itu saja, program ini juga akan kita maksimalkan di tahun 2021,” tegas JW. (B-S)

To Top