Dairi

Dukcapil Dairi Terbitkan Kartu Identitas Anak

Dukcapil Dairi terbitkan KIA untuk 7 orang anak. Foto (BS)

Dairibaru.com, Sidikalang – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi yang dipimpin Deddy Situmorang selaku Kadis Dukcapil Dairi menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada 7 orang anak di bawah umur 17 tahun yang berlangsung di Kantor Dukcapil, Sidikalang baru-baru ini.

Pemberian KIA kepada semua warga terutama bagi yang di bawah umur 17 telah dilakukan sejak minggu kedua Oktober 2020.

Dalam penjelasannya, Deddy mengatakan bahwa manfaat KIA untuk memenuhi hak anak, persyaratan mendaftar sekolah, bukti diri anak mempunyai identitas ketika membuka tabungan atau menabung di Bank, proses mendaftar BPJS dan keperluan lainnya.

Lebih lanjut, Deddy menyebutkan bahwa KIA ada 2 jenis yakni KIA untuk kelompok usia anak 0 – 5 tahun tanpa foto dan KIA untuk kelompok usia anak 5 – 17 tahun dengan foto.

Kadis Dukcapil yang baru beberapa bulan ini dilantik juga mengajak seluruh orang tua yang telah memiliki anak di bawah umur 17 tahun untuk segera mengurus KIA ke Dukcapil Dairi demi memudahkan setiap anak mendapatkan pelayanan publik lainnya.

Deddy Situmorang Kadis Dukcapil Dairi. Foto (BS)

“Program KIA ini juga program menuju Dairi Unggul dan anak-anak yang menerima KIA berasal dari sekolah tingkat PAUD, TK, SD dan SMP dan mereka anak anak Dairi merupakan aset Dairi menuju SDM yang berkualitas dengan kita dukung salah satunya memberikan identitas anak,” sebutnya.

Deddy juga mengatakan blanko untuk KIA saat ini tersedia 30.000 lembar dan direncanakan ke depan semua anak Dairi mendapat KIA, Dinas Dukcapil segera laksanakan MOU dengan dinas pendidikan dan sebelumnya sudah lakukan MOU dengan dinas kesehatan.

“Intinya setiap anak punya hak memiliki identitas baik akte lahir, tercantum di Kartu Keluarga, hingga memiliki KIA,” tegas Deddy, dan satu lagi, ke tahun 2021, kami dari Dukcapil Dairi sudah mengajukan permohonan mobil satelit ke DPRD agar masyarakat yang jauh dari Kota Sidikalang dapat mengurus KIP, KK dan yang lainnya sehingga pelayanan dapat maksimal.

Sebagai informasi, hadir dalam penyerahan KIA itu seluruh pejabat Eselon III dari Dukcapil, seperti Rayambong S. Sitohang, ST, MAP; Kabid Dafduk Amudi Naiborhu, S.Sos; Kabid PIAK Simon Tonny Malau, S.Kom, MAP; Kabid PDIP Hetty Nuriaty Pardede, SH; Kabid Capil Hendra Imran Purba, SH dan disaksikan beberapa penduduk yang sedang mengurus KTP. (B-S)

To Top