EkBis

Penduduk Bisa Bersawah lagi Pascabanjir Bandang Desa Bongkaras

Penduduk Bongkaras senang dapat bersawah kembali pascabanjir bandang yang menghantam areal persawahan mereka dua tahun lalu. Foto (Maruba)

Daribaru.com, Bongkaras – Setelah hampir dua tahun kejadian banjir bandang di Desa Bongkaras, Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Kabupaten Dairi yang menghantam lahan pertanian, masyarakat senang karena normalisasi sungai sepanjang lahan pertanian mereka sudah rampung dikerjakan.

Dana normalisasi sungai sepanjang 300 meter tersebut menggunakan dana desa sekitar Rp 50 juta. Masyarakat pun langsung memanfaatkan kondisi normalisasi sungai untuk mulai bersawah kembali. Walau harus mengeluarkan kocek pribadi untuk menyewa alat berat untuk mencetak sawah penduduk, mereka senang karena sudah dapat melakukan aktifitas normal di ladang mereka yang di sepanjang aliran sungai.

“Sebenarnya alat berat tersebut digunakan hanya untuk normalisasi sungai, namun setelah kami mohon kepada pihak PT Sasta selaku pemilik alat berat, barulah areal persawahan penduduk di sepanjang aliran sungai dicetak kembali menjadi sawah,” ujar Arion Sihaloho Kepala Desa Bongkaras. (Maruba)

To Top