EkBis

BLT UMKM Dairi Sedang Diajukan ke Pusat

Kadis Perindagkop Dairi Oloan Hasugian saat memberi keterangan di ruang kerjanya baru-baru ini. Foto (BS)

Dairibaru.com, Sidikalang – Bantuan langsung tunai (BLT) bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar Rp 2,4 juta sedang proses pengajuan ke pusat, dan setiap pelaku usaha UMKM boleh mendaftarkan diri dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan pemerintah. Semua punya hak dan silahkan daftarkan usahanya ke dinas perindagkop Dairi.

Demikian disampaikan Oloan Hasugian Kepala Dinas (Kadis) Perindagkop Kabupaten Dairi kepada Dairibaru.com di ruang kerjanya baru-baru ini di Sidikalang.

Oloan menjelaskan program BLT ini merupakan program pemerintah pusat dengan menyalurkan dana BLT UMKM Rp 2,4 juta kepada 12 juta pelaku UMKM se-Indonesia.

Adapun syarat untuk mendapatkan BLT ini, kata Oloan, diantaranya pelaku usaha tersebut sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan, WNI, punya NIK alias KTP, punya usaha mikro dan segera mengajukan surat usulan seperti dari UMKM kelurahan dan kecamatan, bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri ataupun pegawai BUMN/BUMD.

Oloan juga menerangkan, pelaku UMKM bisa mengajukan atau mendaftarkan namanya, dengan langsung hadir di kantor perindagkop Dairi bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah di Jalan Pandu Sidikalang.

“Masyarakat yang mengajukan diri akan didata dan dicek satu-persatu apakah benar-benar layak mendapatkan bantuan atau tidak,” sebutnya.

Ia mengimbau dan mengajak pelaku UMKM di Kabupaten Dairi yang belum mendapatkan pembiayaan modal kerja dan investasi dari perbankan untuk ikut aktif mendaftarkan diri melalui dinas perindagkop. (B-S)

To Top