Dairi

Wakil Bupati Dairi Lepas Kafilah MTQ Bertanding di MTQ ke-37

Wabup Dairi melepas Kafilah untuk bertanding di MTQ ke-37 Provsu, Jumat (4/9/2020). Foto (Humas)

Dairibaru.com, Sidikalang – Wakil Bupati Dairi Jimmy Adrea Lukita Sihombing, SH melepas 41 Kafilah dari depan Kantor Bupati, Sidikalang untuk bertanding di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) di Tebing-Tinggi pada, Jumat (4/9).

Pelepasan tersebut diharapkan dapat menjadi duta dari Kabupaten Dairi pada pelaksanaan MTQ tahun ini.

Jimmy Sihombing menyampaikan pelaksanaan MTQ bukan hanya sekadar lomba yang mencari juara. Salah satu hikmah yang dapat dimaknai adalah meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran.

“MTQ ini bernilai ibadah dan syiar agama. Merupakan aplikasi nilai-nilai yang terkandung dalam Quran di kehidupan sehari-hari. Dari pelaksanaan MTQ ini, kita harapkan terciptanya masyarakat yang cerdas dan religius,” sebut Jimmy.

Ditambahkan Jimmy, walaupun tahun ini seluruh dunia sedang menghadapi wabah pandemi covid-19, namun semangat pelaksanaan MTQ tidak berkurang. Jimmy juga berpesan kepada seluruh kafilah agar menjaga nama baik Kabupaten Dairi dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Juara itu penting, namun jauh lebih penting memahami isi Al-Quran sebagai falsafah kehidupan dalam berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” imbuhnya seraya melepas para kafilah.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dairi Saidup Kudadiri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Dairi karena sangat merespon baik atas seluruh kegiatan keagamaan di Dairi. Diakuinya, respon tersebut tidak hanya untuk umat muslin namun non-muslim juga, mendapat perhatian yang sama.

“Ini luar biasa dan terimakasih karena selalu memberikan dukungan kepada kami. Semoga para Kafilah yang kita berangkatkan hari ini, memperoleh kejuaraan dan membawa nama baik Kabupaten Dairi serta dapat membuktikan bahwa Dairi memang Unggul,” ujarnya.

Selain itu, Saidup juga mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Disampaikannya, juara memang penting namun kesehatan jauh lebih penting.

“Semua yang berangkat adalah duta Kabupaten Dairi. Kalian harus berbangga dan jadikan ini menjadi motivasi untuk tetap menjadi lebih baik. Selamat bertanding dan semoga selalu dalam lindungan Allah SWT,” pesannya.

Acara pelepasan tersebut turut dihadiri, Dandim 0206/Dairi, Letkol Arm Adietya Y Nurtono, mewakili Kajari Dairi, mewakili Polres Dairi, Ketua LPTQ Kabupaten Dairi Wahlin Munthe, anggota DPRD Dairi, Jono Pasi. (B-S)

To Top