Dairi

Warga Binaan Terima Remisi dari Bupati Dairi

Bupati Dairi DR Eddy Kelleng Berutu memberikan remisi pada warga binaan rutan Sidikalang,Senin (17/8). Foto (Humas)

Dairibaru.com, Sidikalang – Bupati Dairi DR Eddy Kelleng Ate Berutu menyerahkan remisi secara simbolis kepada 2 orang Warga Binaaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Sidikalang, Senin (17/8/2020) di aula Rutan Sidikalang. Pemberian remisi tersebut dilaksanakan seraya mengikuti acara virtual Kemenkumham di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kuripan, Lombok Barat.

Karutan Sidikalang, Jonson Manurung kepada wartawan menyebutkan, sebelumnya dari 364 jumlah warga binaan pihaknya mengajukan 164 orang untuk mendapat remisi. Jenis remisi kategori tindak pidana Umum atau non PP 99/2012 sebanyak 135 orang dan kategori tindak pidana PP 99/2012 sebanyak 29 orang.

“Semua yang kita ajukan menerima remisi 1-5 bulan, tanpa ada pungutan dan beban kepada para WBP yang menerima. Sudah saatnya kita menghilangkan beban kepada para warga binaan,” ujarnya.

Manurung juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Dairi bersama rombongan Forkopimda yang telah bersedia menghadiri undangan untuk penyerahan remisi. Diakuinya, seluruh jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rutan se-Indonesia secara serentak mengikuti upacara dengan virtual.

“Kita mengharapkan, Pemkab Dairi memberikan perhatian, bantuan dan dukungan sebagaimana amanah Menkumham Pak Yasona tadi. Kami berharap, para WBP di Rutan ini dapat diberdayakan dan menghasilkan kara mereka sendiri,” ujarnya.

Upacara virtual penyerahan remisi HUT ke-75 tahun 2020 dihadiri, Wakil Bupati Dairi Jimmy A L Sihombing, Dandim 0206/D Adietya Y Nurtono Wakapolres Dairi Kompol David P Silalahi, Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang, Ledis M Bakara, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Leonardus Sihotang, mewakili Kajari Dairi serta utusan beberapa WBP yang sudah dipilih sebelumnya. (Bona & Sondang)

To Top