Sumut

Keuskupan Agung Medan Resmi Miliki Uskup Baru

Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap, Uskup Keuskupan Agung Medan resmi ditahbiskan hari ini, Sabtu (02/02/2019). Foto (Komsos Kam)

Medan, Dairibaru.com – Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap resmi ditahbiskan jadi Uskup Keuskupan Agung Medan yang baru. Penahbisan dipimpin Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo, di Gedung Serbaguna Pemrov Sumut, Jalan Pancing/Willem Iskandar, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (2/2/2019).

Selain dihadiri ribuan umat Katolik yang bernaung di dalam 61 Paroki di Keuskupan Agung Medan, turut juga hadir seluruh uskup se-Indonesia.

Kornelius Sipayung lahir di Bandar Hinalang, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, pada 26 Agustus 1970. Ia terpilih menjadi Uskup Agung Medan pada 8 Desember 2018 menggantikan Mgr. Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, OFM.Cap. Sebelumnya, Kornelius Sipayung merupakan Minister Provinsial Kapusin Medan.

Kornelis Sipayung menjalani studi di Seminari Menengah Christus Sacerdos dan Novisiat Kapusin Pematang Siantar dan melanjut ke Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologia Santo Yohannes Pematang Siantar.

Ia mengucapkan kaul kekalnya pada 22 Agustus 1998 sebagai anggota Kapusin. Sedangkan Sakramen Imamatnya ia terima pada 11 Desember 1999.

Inilah perjalanan Karya Pastoral dan penugasannya sebagai imam Kapusin:

1999-2002 (Melayani di Paroki Kabanjahe); 2002-2005 (Studi Teologi Dogmatik di Roma dan Studi Bahasa Inggris di Australia); 2005-2015 (Menjadi Formatur di Seminari Tinggi Kapusin Siantar dan Dosen di STFT).

2012-2015 (Anggota Staf Provinsialat OFM Kapusin Medan dan Wakil Minister Provinsial Ordo Kapusin Medan); 2015-2021 (Minister Provinsial Ordo Kapusin Medan untuk dua masa periode); Sekarang (Anggota Komisi Teologi di KWI, Anggota Jaringan Kerja Sama Kapusin Asia-Pasifik, Dewan Imam Keuskupan Agung Medan, Ketua Yayasan Harapan Jaya dan Caritas dan yang terbaru menjadi Uskup Agung Medan).

Pada penahbisan itu, dalam kotbah yang dibawakan Uskup Padang Martinus Dogma Situmorang, menyampaikan, semoga penahbisan ini membawa kembali kedamaian dan pengharapan. “Tahbisan ini juga harus menjawabnya dengan syukur sehingga menjadi berkat bagi semua,” ucapnya seperti dimuat di medanbisnisdaily.com.

Selamat bertugas Monsignor. Semoga dapat terus membawa kedamaian di negara kesatuan republik Indonesia, terutama di tengah-tengah umat di Kesukupan Agung Medan. (DB)

To Top